Wednesday, August 3, 2011

Jalan Hidup

Sebenernya saya itu termasuk kategori mahasiswa yang telat kuliah. Ya normalnya saya harusnya adalah semester 7 *kalo s1*, klo D3 saya lagi riweuh2nya sidang *sibuk2nya*. Saya sekarang malah baru menginjak semester 3. Berarti kuliah saya pending selama 2 tahun.

Kemana aja selama 2 tahun itu?setelah lulus SMA saya bingung mau masuk mana, saat itu saya ingin masuk keperawatan. Tapi, mama saya lebih mendukung saya untuk masuk keguruan. Saya sempat ikut test di sebuah akademi keperawatan, hasilnya lulus. Namun tidak jadi saya ambil karena orang tua saya bilang "kamu tuh orangnya jijian, tugas perawat itu blablabla". Kemudian om saya bilang "Ngurusin orang sakit tuh bukan hal gampang, nanti malah ikut2an sakit". Dosen di salah satu akademi keperawatan juga bilang "prospek kerjanya susah".

Saya juga sempet ikut test SNMPTN, tapi gagal. Kemudian teteh saya menyarankan saya untuk cari kampus di Depok, karena kebetulan waktu itu teteh saya tinggal di Depok. Saya masih bingung juga mau kuliah dimana, ngambil jurusan apa. Mama saya waktu itu menyarankan saya untuk kuliah di Garut masuk keguruan *tempat kuliah saya saat ini*. Namun, saya menolak dengan alasan "bosen dong mah di Garut terus".

Akhirnya saya kuliah di Depok, nama tempat kuliahnya suka ada di iklan2 deh. Kalo ngga salah sih model iklannya yang mirip2 Obama :D. Saat itu saya ambil jurusan Manajemen Informatika D1, waktu itu daftarnya mepet uda 2 hari mau ditutup. D3 nya sudah penuh, saya pun mengambil program yang satu tahun. Jurusan yang saya ambil juga asal2an. Saya sama sekali ngga ngerti nanti kerjanya apa, kedepannya gimana. Ternyata belajar program2 membuat saya pusing, ngga ngerti. Belom lagi belajar akuntansi, ga ngerti juga karena waktu SMA saya dari IPA.

Setahun kuliah, terus setahunnya lagi kemana?Setahunnya lagi saya kerja di Garut, kembali ke Garut *takdir*. Saya kerja disebuah klinik, walaupun saya ga jadi kuliah di kesehatan, tapi alhamdulillah saya pernah merasakan kerja di dunia kesehatan. Waktu itu kebetulan lagi ada proyek Medical Check Up dan tante saya adalah pengelolanya. Jadi, saya bisa kerja deh heehee...
Saya belajar secara otodidak dengan analis2 senior. Saya ditugaskan untuk periksa urine, tapi kalo bagian sedimennya tetep sama analis donk. Ilmu dapet, uang pun dapet.

Nah baru deh tahun berikutnya saya daftar masuk keguruan dengan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia *sesuai anjuran mama*. Saat daftar saya masih kerja, karena kontrak kerja saya belom selesai. Jadi pada saat semester satu saya kuliah sambil kerja. Kebetulan kampus sama tempat kerja saya ngga jauh, jaadi kalo ada jam2 kosong yang lama saya kabur dulu ke tempat kerja.

Intinya rido Allah itu ada pada Riso orang tua kita. Semenjak lulus SMA saya disuruh melanjutkan pendidikan keguruan disini, tapi saya keukeuh ga mau malah jadi luntang lantung. Ampe akhirnya mama saya bilang "Coba dari dulu nurut sama mama, udah mau beres kali kuliahmu".

Sohib2 blogger pada nurut yah sama orang tua kalian ^_^

12 comments:

  1. waduh tes urin apa ga jijik? :D

    ReplyDelete
  2. itu mah bener bgt sob.. lagian kan kita bs berada didunia ini kan karna mereka, ortu kita, ibu dan bpk kita. jd sudah semestinya kita hrs menurut.
    kcuali kalo jalan yg salah gak musti diturutin

    salam knl ya

    ReplyDelete
  3. hehe...aku itu juga masuk hukum karena saran papa. dan memang hasilnya terasa sih. semua utk kebaikan kita juga

    ReplyDelete
  4. ke depannya jadi guru dong yah? hehehhe

    ReplyDelete
  5. untung banget dulu jaman saya mau masuk kuliah pesen ortu saya cuman satu, pilihlah jurusan yang kamu senangi.

    dan terbukti, karena seneng sama pilihannya bisa lulus cepet dengan nilai bagus..

    yah, dimanapun kuliahnya semua punya kesempatan yang sama buat berprestasi kooq.. chumangaaat!

    ReplyDelete
  6. belajar nggak ada batasan umurnya :D
    yuk semangat, yang penting ilmu itu tetap kita cari sampai ajal menjelang, seperti pesan nabi Muhammad SAW

    ReplyDelete
  7. iya kaak...kalo sam ortu insyaallah nuruut...

    ReplyDelete
  8. ya sekarang tinggal belajar yang rajin, biar mama enggak omong "makanya nurut sama mama" hehe

    ReplyDelete
  9. aku agak bertentangan dengan kemauan ortu soal kuliah, yah udah dapet restu sih tapi jadi ingin membuktikan pada mereka kalau jalan hidup yang saya pilih adalah yang akan saya usahakan sebaik mungkin dan pada akhirnya mereka akan tetap bangga sama saya #curcol

    ReplyDelete
  10. Ah gak apa2lah telat 2 tahun :)
    Semoga bisa jadi guru yang sukses :D sukses menghasilkan penerus bangsa yang cerdas :D

    ReplyDelete
  11. telat 2 tahun tp udah merasakan kerja g udah hebat ^^
    iya biasanya apa yg dibilang orang tua ada benarnya juga ^^

    ReplyDelete
  12. haha.
    iya bener banget.

    walaupun kadang2 ortu itu bikin dongkol kalo gak sesuai sama keinginan kita...

    tapi ternyata kalo kita nurut hampir selalu dapet yang terbaik...

    :))

    ReplyDelete

Makasih sudah baca postingan saya,
Jangan lupa tinggalkan komentarnya yah :)