Friday, January 13, 2012

Sesuatu di Minggu ini ...

Minggu ini adalah minggu yang sangat melelahkan bagi saya. Dari mulai jadwal padet sampai tugas yang menggunung. Inilah kebiasaan dosen selalu memberi tugas menjelang UAS. Tapi, kalau belajar tanpa tugas itu bagaikan langit tanpa bintang *hadeuh*. Ada salah satu pengerjaan tugas yang membuat saya ingin berkata "sesuatu banget." Dari mulai keringat sampai tetesan air mata saya keluarkan demi tugas yang satu itu.



"Satu kesulitan datang, seribu kemudahan menghampiri." Mungkin kata-kata itu tepat untuk menggambarkan tugas ini. Tugasnya adalah bikin video presentasi laporan buku yang sudah saya kerjakan. Ini pertama kalinya saya dan teman-teman saya membuat video. Memang dosen kami tidak mengharuskan video dibuat seperti film. Tapi, karena kami ingin mendapatkan nilai yang maksimal, maka kami membuat video itu seperti film. Ada kronologi atau di balik layar dalam proses penyelesaian tugas.

Saya sama temen-temen saya syuting *berasa artis* dari pagi sampai sore. Capenya bukan main, mungkin karena kami artis amatiran kali yah hiiihiii ... Badan berasa remuk. Lokasinya cukup jauh dan sepi. Lokasinya dikelilingi kebun. Kami syuting di sebuah sekolah dasar, tepatnya di perkampungan.

Malamnya saya harus begadang memilih dan memilah video mana yang akan di edit. Untungnya saya ngga sendiri, ada teman saya yang rela menemani. Malamnya begadang dan besok paginya harus ngampus. Di kampus ngantuknya ga tahan, merem-melek.

Pulang kampus saya menemani aa yang ahli bidang editing. Soalnya saya harus menjelaskan konsepnya sama si aa nya. Waktu mau edit eh datanya malah kena virus. Data videonya ada di notebook teman saya. Saya mencoba menghubungi namun nihil. Saya coba hubungi teman saya agar menyusul si mpunya notebook ke kosannya. Tak lama, teman saya datang ke tempat dimana saya mengedit video. Kendala pertama aman terkendali.

Kendala kedua pada saat proses ngebakar ke DVD, karena waktunya lama jadi pagi-paginya baru bisa diambil. Pagi-pagi saya ke tempat yang bersangkutan. Katanya tinggal satu DVD yang lagi masih proses. Proses ngebakar satu DVD itu memerlukan waktu 3jam. Karena yang terakhir itu hanya tinggal lima menitan lagi selesai, saya tunggu. Eh ngga taunya tu komputer malah mati. Alhasil proses ngebakarnya harus diulang dari pertama. Menunggu 3 jam lagi. Bayangkan saat itu saya harus kuliah pagi dan tugas harus diserahkan hari itu. Saya mencoba menghubungi teman-teman. Mereka bilang serahkan tugasnya nanti siang dan kita bicara dengan dosennya. Alhamdulillah kendala kedua teratasi karena dosen yang bersangkutan ada di kampus sampai sore.

Selain itu, Minggu ini saya dapat ZONK 2 kali. Saya dan teman-teman saya disuruh presentasi dadakan, tanpa persiapan apa pun. Waktu itu dosen saya menanyakan "Siapa yang makalahnya sudah selesai?". Teman saya angkat tangan dan menyerahkan makalahnya. Tiba-tiba dosen memanggil kami untuk maju ke depan, mempresentasikan hasil analisis perbandingan novel populer dan novel serius.

ZONK berikutnya adalah di mata kuliah kapita selekta agama. Lagi ... lagi saya dan teman saya yang di panggil untuk mempresentasikan hasil laporan buku mengenai pendidikan islam untuk lembaga ekonomi. Ini pun tanpa persiapan. Tapi, alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Itulah sebabnya "Alloh mendatangkan satu kesulitan, tapi Alloh memberi seribu kemudahan."

Happy blogging, HAMASAH yeay \^,^/

6 comments:

  1. nikmati saja. nanti kamu akan terkenang masa2 itu

    ReplyDelete
  2. nikmati saja, apapun itu :) semangat ^^

    ReplyDelete
  3. Ya bener tuh diantara kesulitan akan datang kemudahan

    ReplyDelete
  4. butuh artis ga? boleh juga... hehehe...

    ReplyDelete

Makasih sudah baca postingan saya,
Jangan lupa tinggalkan komentarnya yah :)