Tuesday, December 7, 2010

Analisis asal usul sebuah nama

Udah beberapa hari ngga nengok blog, baru sekarang ditengok, semoga blogku ini baik-baik ajah heehee. Mau posting tentang analisis asal usul sebuah nama bukan kata "nama" nya sih yang mau dibahas tapi nama orangnya.
Setiap daerah pasti punya ciri khas tersendiri dari mulai makanan, adat istiadat, bahkan nama pun biasanya bisa kita tebak orang itu berasal dari daerah mana. Misalnya nama orang jawa biasanya identik dengan huruf "o" kaya "sumartono", "soeharto", "soekarno". Kalo orang Bali identik dengan nama "Putut", "Wayan", "I Gede". Kalo orang Sunda biasanya namanya ada pengulangan kata kaya "Ice Juice", Yuli Yuliantini",
Kenapa bisa begitu yah??hanya dari nama atau logat bahasa kita bisa menebak orang itu dari mana.

*ide ini tersirat saat chating dengan seorang pemilik blog biskuit asal malaysia

11 comments:

  1. ya, mungking itu semua memang sudah suratan takdir kawan...he..he...he....

    ReplyDelete
  2. terus nama aku pantas kayak apa trie...?cariin donk,ya mungkin saja aku bisa tau asalku.

    ReplyDelete
  3. @teras info : iya ya, mungkin warisan nenek moyang :)
    @biskuit : namamu kan udah berbau Jawa tapi bukan orang Jawa yah :)

    ReplyDelete
  4. kalau aku biasanya ditanya nama terus ditanya agama... orang langsung berasa aneh... hihi bukan daerahnya >.<

    ReplyDelete
  5. Kalo sunda namanya suka berulang gitu ya misal Asep surasep ..Yaya Sunarya, Nana Suryana

    ReplyDelete
  6. sayangnya nama Denuzz gak terlalu banyak artinya secara epistemologis bahasa dan daerah. but, bermakna bagi orang tua dan denuzz pribadi...


    Salam BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    ReplyDelete
  7. wah....postingannya unik mbak...kalo gitu kesimpulannya nama juga bisa jadi petunjuk dari mana asal kita...hehehehehe

    ReplyDelete
  8. kalo namaku gimana ya...ckckck

    banyak yg ngira aku lahir di bulan agustus karena namaku...

    padahal kan aku lahirnya Desember... :D

    ReplyDelete
  9. oh yah.... ga semuanya harus begitu kan :D

    saya setuju untuk orang jawa yg suka memakai nama akhiran "o" juga untuk nama bali yang memang selalu khas

    kalau untuk orang sunda, masa sih harus berakhiran huruf sama? aku kok ga sadar yah :D

    ReplyDelete

Makasih sudah baca postingan saya,
Jangan lupa tinggalkan komentarnya yah :)