Friday, January 28, 2011

Budaya Nyontek

Wow udah lama kayanya aku ngga berceloteh diblog. Apa kabar blogger?? semoga semua dalam keadaan baik-baik aja amiin. Semoga ngga pada bosen berkunjung ke blog sederhana ini dan tetep setia baca postingan ku :).

Minggu ini aku lagi sibuk ngasah otak, ngdate bareng buku, ya seputar itu deh pokonya. Kenapa mendadak rajin?? Karena adanya UAS jadi kepaksa deh, daripada tar ngga bisa ngisi soal. Semoga nilai aku ngga ancur, ngga malu-maluin orang tua amiin.

Mengenai ujian, pasti ngga terlepas dari yang namanya "nyontek". Udah menjadi tradisi budaya bangsa kayanya hiihii. Aku ngga munafik, aku pun juga suka ko nyontek alias niron kalo kata orang sunda. Kalo kepept bener-bener ngga bisa aku isi, aku nyontek.

Tapi, kadang aku suka kesel juga ma orang yang nyonteknya ngga kira-kira. Dalam artian dari soal awal ampe soal terakhir nyontek. Kan kasian ya yang diconteknya, pasti ngapalinnya ampe malem eh yang nyontek enak banget. Belom lagi kalo nanti nilainya samaan ato malah gedean yang nyontek.

Contoh kasus yang aku alami sendiri adalah saat nilai UTS keluar. Nilai hasil UTS temenku yang nyontek ke aku malah lebih gede daripada nilai UTS ku. Sedih kan ;'( .

Jadi, kesimpulannya nyontek boleh tapi nyonteknya harus sadar diri. Kalo semua jawaban ditiru tu mah kebangetan namanya.

10 comments:

  1. Yang namanya nyontek tetep aja ga boleh Non walau cuma sedikit...hehehe. Mau pintar ? Makanya belajar..! ( nyontek iklan...hehe )

    ReplyDelete
  2. nyontek itu apa ya...(in english..?)

    ReplyDelete
  3. nyontek boleh tp jangan plek doooooonk...
    mikir dikit napaaaa.... >,< aku ndak suka kalo sampe yg dikasih contekan nyonteknya sama persis >.< keliatan banget nggak mikirnya...

    ReplyDelete
  4. menyonteklah dengan bijak..
    makanya sebelum nyontek berdoa dulu, biar gak kejadian yang dicontek lebih bagus nilainya

    ReplyDelete
  5. makanya sekarang saya punya prinsip say no to kerja sama...
    kadang menguntungkan, kadang merugikan..

    lebih baik kerja sendiri, puas ya puas sendiri.. :D

    ReplyDelete
  6. dalam situasi tertentu nyontek memang diperlukan,, jangan sampe ketahuan ya.. :)

    ReplyDelete
  7. menyontek ke laut aja...hihihi...di tempatku menyontek ketahuan E seumur hidup...bagusnya pakai cara gini juga..kalo mau ga dapat E suruh kerja rodi dulu keknya biar pikirane lurus lagi..hihihi...kabuuurrrr....

    ReplyDelete
  8. Inget dulu waktu SD ada temen saking nyonteknya, isian untuk form nama nya juga dicontek he he..

    ReplyDelete
  9. dulu aku suka mencontek (waktu SMA)

    mungkin gara2 itu sekarang aku jadi blogger, di mana aku "tobat" menulis artikel sendiri (ga nyontek) :D

    ReplyDelete
  10. Kabar saya baik. :)

    Jangan heran. Di kuliah pun budaya nyontek masih ada. :)
    Sulit ditinggalkan :|

    ReplyDelete

Makasih sudah baca postingan saya,
Jangan lupa tinggalkan komentarnya yah :)