Saturday, March 5, 2011

Berbicara bukan hal mudah

Maaf sobat2 blogger, akhir2 ini aku jarang kunjungan ke blog kalian, tapi kalau sempet pasti aku akan berkunjung ko. Oia mengenai foto nasi jamblang ato nasi lengko, maaf juga soalnya waktu itu hape aku mati dan aku ngga bawa camdig. Postingan kali ini sebenernya berhubungan sama materi makalah yang sedang aku kerjakan. Karena bosan ngerjain makalah y udah pelariannya ke blog :D.

Setiap orang pasti diberi kemampuan untuk berbicara, tapi berbicara di depan orang banyak bukanlah hal yang mudah. Terutama dalam suasana formal. Sering sekali pembicara dihantui rasa gugup (aku juga sering begitu).Terkadang ita juga sering berpikiran negatif sebelum berbicara depan umum, misalnya takut disurakin para pendengar, takut tidak didengar oleh pendengar, takut topik yang bicarakan tidak menarik, dll.

Hal-hal negatif seperti ini harus kita hilangkan agar kita bisa menjadi pembicara yang sukses. "Belajarlah untuk berpikir positif", itu yang sering dosen aku katakan kepada mahasiswanya. Agar kita tidak takut berbicara depan umum, ya harus rajin berlatih. Bisa karena biasa, bukan begitu?.

Keefektifan berbicara juga bukan tergantung pada pembicaranya saja, tapi pada pendengar dan juga topik yang dibicarakan. Faktor pendengar sangat menentukan sebuah pembicaraan bisa bejalan sukses. Banyak hal juga yang mempengaruhi para pendengar sehingga tidak mau mendengarkan pembicaraan yang disampaikan oleh pembicara. Misalnya, gaya pembicara yang kurang enak dilihat, faktor fisik dari pembicara juga bisa, gerak-gerik pembicara, topik yang dibicarakan kurang menarik. Oleh sebab itu pembicara harus pintar dalam memilih topik pembicaraan dan cara menyampaikannya, agar pendengar tidak merasa jenuh.

14 comments:

  1. tips yang sangat bagus nih Trie..

    ReplyDelete
  2. iya dulu saya juga orangnya ga pedean waktu masih kecil, tapi semakin dibiasain buat ngomong malah keasikan ngomong di depan umum. ternyata enak loh kalo jadi center of attention gitu ;D

    ReplyDelete
  3. bicara memang tak mudah, makanya sampai ada workshop dan trainingnya segala ya :)

    ReplyDelete
  4. modalnya untuk bicara di depan umum tuh cuman dua : PEDE dan sering LATIHAN!

    dulu saya nggak bisa log ngomong di muka umum, tapi gara2 dijerumuskan sama temen jadi sekarang malah kerjaan saya ngoceh mulu.

    ReplyDelete
  5. mmemang gak mudah berbicara dg efektif apalagi di depan orang banyak. harus sering berlatih

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum
    Permisi BOleh di Ambil Pertamax nya..
    Hore aku terdampar disini...

    Tul betul banget apa kata Mba... Mari belajar...
    tapi kaya nya mba udah pinterr...dehh
    Salam kenal ya...

    ReplyDelete
  7. yap, bener banget...suskes selalu untuk trie..

    ReplyDelete
  8. hihii..
    kalo chika beda lagi tri
    suka ngomong cuap2 gx dilhat orang
    kalo dah orang banyak jadi grogi
    makanya nyaman banget jd penyiar :D

    ReplyDelete
  9. KAlo aku termasuk pembicara yang kurang bagus.. suka gugupan

    ReplyDelete
  10. saya tidak terlalu pandai bicara didpn umum,...tp jika ngobrol yg bisa jd teman bicara yg menyenangkan dan pendengar yg baik juga loh :)

    ReplyDelete
  11. salam sobat
    bicara bukan hal mudah
    benar sekali itu
    makasih ya

    ReplyDelete
  12. ssalam persahabatan
    berkunjung salam kenal n sekalian izin follow ya
    terima kasih

    ReplyDelete
  13. sampai sekarang aku masih ga pede klo ngomong di depan orang banyak, aku lebih suka mendengarkan tapi sesekali nimbrung..

    ReplyDelete

Makasih sudah baca postingan saya,
Jangan lupa tinggalkan komentarnya yah :)