Friday, March 11, 2011

Kesalahan

Manusia memang mahluk sempurna yang diberikan akal oleh Sang Pencipta, tapi tetap saja tidak ada manusia yang sempurna. Sempurna itu hanya milik Alloh s.w.t. Manusia tidak selamanya benar karena bukan malaikat, tapi tidak selamanya berbuat salah karena bukan setan. Setiap manusia pasti pernah berbuat suatu kesalahan (termasuk aku). Baik kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Menyalahkan kesalahan orang lain juga lebih mudah dibandingkan dengan intropeksi kesalahan diri kita sendiri. Alangkah lebih baik jika kita bisa mengintropeksi kesalahan kita sebelum menuduh orang lain atau menyalahkan orang lain.

Memaafkan kealahan orang lain bukan hal mudah dan jarang dilakukan oleh setiap orang. Mengucap kata maaf memang mudah tapi memaafkan itu sulit. Sebetulnya egois sekali jika kita sama sekali tidak mau memaafkan kesalahan orang lain. Alloh saja yang Maha Segalanya, Maha Kaya selalu memaafkan Umat NYA yang berbuat salah, kenapa kita yang hanya mahluk NYA tidak mau memaafkan keslahan orang lain?. Marii kita belajar sama-sama untuk mengintropeksi kesalahan kita sebelum menyalahkan orang lain dan belajarlah untuk memaafkan keslahan orang lain. Bukankah damai itu indah :)

9 comments:

  1. senantiasa lah menjadi orang yang pemaaf.

    ReplyDelete
  2. memaafkan memang tidak mudah..tapi tetap harus berusaha

    ReplyDelete
  3. Subhanallah, artikelnya mantabs sekali...
    Mari kita saling memaafkan... ^_

    ReplyDelete
  4. Nice post...

    Allah maha pengasih... :)

    Give apologize...(opo kue)

    ReplyDelete
  5. waduh maksudnya kesalahan bukan sih? hehehe ;D intinya selalu intropeksi diri sendiri aja ;)

    ReplyDelete
  6. Maaf, begitu sangat sederhananya kata yg satu ini, tetapi sangat susah pula merealisasikannya, bila kita tdk bs mengendalikan ego...

    Ceritakan pada semua ternyata DAMAI ithu INDAH...!!!

    ReplyDelete
  7. setuju banget sista...
    *damai itu indah

    aku mohon maaf jika pernah salah kata ya sistaaa...
    *hug

    ReplyDelete

Makasih sudah baca postingan saya,
Jangan lupa tinggalkan komentarnya yah :)