Thursday, March 31, 2011

Malu Bertanya Sesat di Jalan

Sesuai janji aku kemaren, postingan kali ini mau cerita2 tentang nyasar di kampung orang nih :D. Udah berasa kaya anak ilang deh.

Jadi waktu itu tepatnya hari Selasa, tanggalnya lupa tanggal berapa heehee. Kebetulan hari selasa ngga ada jadwal kuliah alias libur. Aku sama temen aku berencana untuk kerja kelompok di rumah temenku yang berada nun jauh disana namanya Cibuluh. Jauh banget pokonya. Temenku bilang "tong pake angkot mahal, pake elep w" artinya "jangan pake angkot mahal, pake elep aja". Sesuai dengan empunya rumah di Cibuluh, maka kami berdua pun memutuskan untuk naek elep biar murah. Karena jaraknya jauh, kami berangkat jam 8 pagi. Elep itu sejenis bus tapi ukurannya lebih kecil, tapi ngga kaya mini bus. Masih bagusan mini bus kalo dibandingin ma elep. Aku sama temenku ngasih julukan elep itu adalah "enk ink enk", kenapa begitu? soalnya tiap elep yang kami liat tulisan depan kacanya pasti "enk ink enk".

Setelah menunggu beberapa menit, kami pun naek enk ink enk. Pemandangan sepanjang jalan adem banget deh. Suasananya masih asri. Jujur itu pengalaman pertama ke daerah Cibuluh, kami berdua bener2 ngga tau tempat, ngga tau juga mesti turun dimana. Asing banget deh sepanjang jalan. Aku pun sms temenku "turun dmn?". Ngga lama kemudian temenku bales "nanti kalo d'tagih ongkos sama keneknya, bilang aja turun d'cibuluh". Tapi, selama perjalanan tuh kenek ngga nagih ongkos udah gitu kita duduk paling belakang pula, jadi ngga mungkin dong berteriak "bang turun cibuluh".

Akhirnya aku nyuruh temenku nuat nanya sama orang yang duduk di sebelahnya. Akh temenku malah ngga brani nanya. Kita malah tunjuk-tunjukan "kamu aja deh..kamu aja deh". Akhirnya aku yang nanya "a cibuluh palih mana?tebih keneh?" translate dalam bahasa indo "a cibuluh sebelah mana?masih jauh?". Tu orang malah geleng2 kepala sambil bilang "duka" alias "ngga tau".

Ngga lama kemudian empunya rumah di cibuluh telpon. Kira2 begini percakapan saat itu.
S: dmn tri?
T:te apal (ngga tau)
S:ko te apal (ko ngga tau)
T: te aya nama jalan na sawah hungkul (ngga ada nama jalan sawah semua)
S: pkona engke turun di pangkalan ojek cibuluh nu aya warung nasi (pokonya tar turun di pangkalan ojek cibuluh yang ada warung nasi)

ket : s = inisial temen yg mau dikunjungi rumahnya, T : aku donk...
ditutuplah tuh telpon. Terus ngga lama sms datang dari temenku yg mau kesana juga tapi dia dianterin sama pacarnya pake motor. Isi sms nya gini "tri engke turun dinu aya patung singa" artinya "tar turun yang ada patung singa".

Mana yang bener sih? terus aku tanya deh sama bapak2 yang duduk depan aku, ini percakapan sama si bapak yang baik hati

T: pak cibuluh masih tebih? (Pak cibuluh masih jauh?)
B: sakedap dei neng, cibuluhna palih mana? (bentar lag neng, cibuluhnya sebelah mana?)
T: nu aya patung singa, pangkalan ojek caket warung nasi (yang ada patung singa, pangkalan ojek deket warung nasi)
B: oh muhun sakedap dei di payun (oh iya bentar lagi di depan)
T: wartosan nya pak, nuhun (kasih tau ya pak, makasih)

ket : B = Bapak yang baik hati, T : gadis cantik alias aku >,<

Agak tenang deh karena udah dapet petunjuk jalan dari bapak yang baik hati. Terus bapak yg baik hati itu ngasih tau "ieu neng patung singa kostrad" (ini neng patung singa kostrad). "Pangkalan ojekna palih mana pak?" (pangkalan ojeknya sebelah mana pak?), tanyaku sambil tengok kiri, kanan. "tu di payun" (tu di depan), jawab bapak. "Kiriiii......", enk ink enk pun berenti dan kami pun turun, *ngga lupa bayar ongkos lho*.

Disebrang sana memang ada pangkalan ojek dan sebelahnya tampak warung nasi. Namun kami bingung disana ada dua jalan, ada yang bagus ada yang jelek. Temenku pun memutuskan untuk menelpon empunya rumah yang akan kami kunjungi. "kamu w yang ngomongnya", ujar temenku sambil menyodorkan hapenya.

T: tos nyampe, jalan mana? nu butut apa nu bagus jalanna? (udah nyamepe, jalan mana? yg jelek apa yg bagus?)
S : Nu butut, naek ojek atawa bade di jemput? (yg jelek, naek ojek ato mau dijemput?)
T : jemput...
S : nya atuh tungguan didinya (y udah tungguin disitu)
tuuuuttttttt *percakapan via telpon berakhir*

Karena kami ngerasa lama nunggu yang jemput, kami berdua memutuskan untuk jalan kaki ajah deh sambil nunggu siapa tau tar ketemu di jalan. Tapi, pas nyampe ujung kami heran ko jalannya buntu dan terbagi jadi 2 jalan kecil kiri dan kanan. Kami pun menelpon kembali

T : mana nu ngajemput?jalan mana kiri atau kanan? (mana yg ngejemput? jalan mana kiri ato kanan?
S : titadi nu ngajemput mah, acan aya? dimana ayena? (daritadi yg ngejemput, belom ketemu? sekarang dimana?)
T : te apal, nama kampungna naon? (ngga tau, nama kampungnya apaan?)
S : wartoskeun bade ka bumi ibu Iyar, kampung Panagan (bilang mau ke rumah bu Iyar kampung Panagan)
T : okeh...

Ada ibu2 kan disitu yang lagi jalan, kayanya mau ke warung gitu deh *so tau*. "Bu bade naros, upami bumi ibu Iyar palih mana nya?" (bu mau tanya, kalau rumah bu Iyar sebelah mana ya?), tanyaku. Ibu tu kaya yang bingung gitu "Ibu Iyar?te aya nami ibu iyar didieu mah neng, kampung mana?" (ibu iyar?ngga ada nama bu iyar disini, kampung mana?). "Kampung Panagan bu" jawabku. "oh ieu mah sanes kampung Panagan, tebih keneh kampung Panagan mah, palih ditu" (oh ini bukan kampung panagan, masih jauh kampung panagan sebelah sana), jawab ibu tu sambil senyam senyum nahan ketawa yang nyasar kayanya.

Oww...oww... salah turun kita. Kami pun kembali menaiki angped (angkot pedesaan). Dan tak lupa bertanya kembali pada penumpang "bu kampung panagan palih mana?" (bu kampung panagan sebelah mana?". "dipayun neng caket", (di depan neng deket) jawab seorang ibu yang sedang memangku anakanya dan kemudian ibu itu berteriak *lebay* ke sopir angped "mang ieu lungsurken di kampung panagan" (bang ini turunin di kampung panagan).

Angped pun berenti tepat depan pangkalan ojek kampung panagan. Aku telpon lagi lah si empunya rumah. Dan ngga lama kami pun bertemu dengan empunya rumah di depan pangkalan ojek. Empunya rumah ngga dateng sendiri tapi sama temenku yang dianterin pacarnya dan pacarnya si temen. Apa reaksi mereka setelah melihat kita yang nyasar ngakak :D.

Bayangin dari jam 8.15 kita berngkat nympe sana jam 11.00 berapa jam tuh jauhnya. Normalnya sih 1,5 jam nyampe, tapi berhubung nyasar kampung orang begitu deh jadinya laaammmaaa cyin ....

13 comments:

  1. JIheheheee........Jd tambah indah kenangannya jadinya ya... Malu bertanya balik lg...jiehheehhee........

    ReplyDelete
  2. Aiiih...badeh kamana atuh Neng?
    Duh si Eneng, untung lagi nyasar gitu nggak ketemu Bang Pendi, klo ketemu bisa Bang Pendi culik tuh! habis cantik sih, katanya,hehe

    Eh, emangnya elep bukan angkot juga ya Neng? tapi emang enak naik elep, apalagi paling belakang. bisa mojok, hahaha

    ReplyDelete
  3. huaaaaaahahaaaa...judulnya...daripada malu...mendingan ga nanya....

    ReplyDelete
  4. kenapa ga instal google maps di ponsel

    coba saja cari di m.getjar.com

    ReplyDelete
  5. mba numpang nanya nich.. jalan pulang kemana ya.. nyasar ke blohg ini lagi.. huff salam nyasar hehe

    ReplyDelete
  6. Jihhahaha dasar lu :p
    Eh btw, gue baru denger lho, ada angkutan umum yang bernama elep itu :p

    ReplyDelete
  7. weleh urang sunda ning.
    Timana? Bandung?
    Wilujeng tepang...

    ReplyDelete
  8. hehehhehe. intinya kalo gak nyasar belum seru perjalanannya.
    nyasar juga asik kook :D

    terimakasih yaa sudah berkunjung ke blog saya :)
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  9. makanyaa pake GPS donk. hehehe.. lagian nyasar kan enak tuh, bisa ngobrol sama bapak-bapak angkot nanyain arah. minimal, kalo udah kenal kan ntar bisa timbul rasa sayang.. jadiaan deh!.
    *plaaak..

    akhirnya ketemu yah?.. coba kalo udah nyasar nggak ketemu tempatnya

    ReplyDelete
  10. yaaah.. komen panjang-panjang nggak masuk.

    hiks..

    ada untungya kan nyasar?.. bisa kenalan sama abang tukang angkot buat nanya arah. kalo udah kenal, ada potensi buat sayang tuh.. *plaaaak.

    hihihi. kenapa nggak pake GPS aja sih?. *sombong

    ReplyDelete
  11. hehe...
    jadi pengen naek angped..
    untung gak jaim ya...
    kalau ampe jaim dijamin tersesat dihutan belantara
    *sok tau bgt Gue

    ReplyDelete

Makasih sudah baca postingan saya,
Jangan lupa tinggalkan komentarnya yah :)