Saturday, August 16, 2014

Graduated



Tahun 2010 saya menjadi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta. Tak terasa tahun 2014 saya sudah tidak lagi menjadi seorang mahasiswa. Berbulan-bulan saya menyelesaikan skripsi. Terasa sekali perjuangannya. Tak hanya butuh kerja keras, tapi butuh kesabaran juga. Tere Liye pernah mengatakan dalam novelnya bahwa “Kesabaran akan menghasilkan keajaiban” dan itu benar.

Ternyata menyusun skripsi itu rasanya luar biasa. Mahasiswa dan pembimbing harus kompak. Mahasiswa rajin, tapi pembimbing sibuk, skripsinya molor. Sebaliknya, pembimbing rajin, mahasiswa sibuk, skripsinya molor juga. Dosen pembimbing saya memang super sibuk sekali. Tapi, alhamdulillah beliau selalu bisa menyempatkan waktunya untuk membimbing. Beliau juga bukan tipe dosen yang “rewel”.  Beliau juga dosen yang sangat baik karena masih mau membalas sms karena ada beberapa dosen yang tidak mau membalas sms hanya mau menerima telepon saja. Dosen pembimbing saya malah nelepon balik mahasiswanya, baik sekali.  Bersyukur sekali punya pembimbing seperti beliau.

Pada bulan Ramadhan, tepatnya tanggal 23 Juli 2014 saya mengikuti sidang. Rasanya dagdigdug, saat itu saya mendapat urutan ketiga. Saya terus berdoa agar diberi kelancaran. Alhamdulillah Alloh memberikan saya kelancaran dan kemudahan. Tegang saat pertama memulai presentasi, tapi lama-kelamaan rasa tegang itu hilang. Pertanyaan dari ketiga penguji bisa saya jawab. Sidang skripsi tidak menakutkan seperti yang dibayangkan.

Hasil sidang diumumkan sore sekitar pukul 17.00.  Menanti hasilnya lebih tegang dibanding saat menjalani sidang. Lagi-lagi Alloh memberikan kenikmatan yang luar biasa. Saya lulus cumalude. Alhamdulillah, perjuangan selama ini tidak sia-sia. Saya lega bisa menyelesaikannya dengan mendapatkan hasil yang memuaskan. Terima kasih untuk mama dan kakak-kakak yang selalu mendoakan. Semoga alamarhum bapak juga bisa bangga melihat si bungsu telah menyelesaikan kuliahnya.  Finnaly, S. Pd.

Ini memang bukan akhir dari perjuangan saya. Masih banyak mimpi-mimpi yang harus saya capai. Semoga Alloh senantiasa memudahkan kita semua dalam mewujudkan mimpi kita, aamiin. Manjadda wa jadda.

1 comment:

  1. Selamat dan good luck untuk perjalanan selanjutnya :)

    ReplyDelete

Makasih sudah baca postingan saya,
Jangan lupa tinggalkan komentarnya yah :)